Perhotelan Syariah 1 Tahun

Bagaimana Jika memilih Jurusan Perhotelan Syariah?

Bagi yang ingin bekerja di bidang perhotelan jangan takut untuk berfikiran terbuka, dunia perhotelan sering dikonotasikan sebagai pekerjaan yang mengharuskan berpakaian menarik dengan serba ketat. Hal ini sudah tidak berlaku lagi setelah berkembangnya perhotelan yang berbasis syariah. Bagi yang ingin bekerja dibidang hospitality namun tetap menjaga penampilan yang sesuai aturan Islam, kini bisa.

Beberapa ciri yang membedakan hotel syariah dari hotel konvensional antara lain :

  • Peraturan yang berbasis Islam
    Perhotelan syariah memiliki kebijakan tersendiri dalam memberi pelayanan kepada tamu. Seperti tidak memberikan izin kepada pasangan yang bukan muhrim terkecuali memesan kamar yang berbeda.
  • Pengelolaan sumber dana dan transaksi investor
    Hal ini menunjukan kekonsistensi dalam bertransaksi, dimana perhotelan syariah harus mengikuti peraturan berdasarkan Syar’i, dan dalam transaksi diharuskan memakai perbankan berbasis syariah.
  • Sarana dan Fasilitas yang mendukung
    Di hotel berbasis syariah memiliki sarana atau fasilitas khusus untuk mendekatkan diri kepada Tuhan, dengan penambahan Musholla khusus, waktu adzan yang jelas dan kaligrafi dan seni ukir yang melambangkan Islam.
  • Pelayan dan karyawan
    Berbeda dari hotel konvensional, karyawan dan pelayan memakai pakaian yang harus sesuai dengan syariat Islam, dan dilarang untuk tidak berhijab.
  • Makanan dan minuman haruslah halal
    Mungkin untuk sebahagian hotel memang menyediakan minuman berakohol atau menyediakan bar yang digunakan untuk melayani tamu. Namun berbeda dari hotel berbasis syariah, disini kamu tidak akan menemukan minuman beralkohol.

Perhotelan Syariah 1 Tahun
Program ini didesain khusus bagi yang ingin mempelajari tentang hospitality dan tourism industry berdasar syariat Islam.

  • 6 bulan pendidikan ( institutional education )
  • 6 bulan praktek kerja ( job training)
  • Penempatan kerja ( industry placement ) tidak terbatas, di dalam dan luar negeri

 


 

Persyaratan Program Perhotelan Syariah 1 Tahun :

  1. Putra/Putri, sehat jasmani dan rohani.
  2. Putri wajib berhijab.
  3. Minimal tamat SMA/K/MAN/ sederajat dan berlaku bagi lulusan paket C s/d lulusan D3/S1/S2.
  4. Usia maksimal 25 tahun.
  5. Fotokopi Ijazah SMA / sederajat (bila sudah tamat / lulus) / Ijazah terakhir.
  6. Fotokopi identitas diri: KTP/SIM.
  7. Pasfoto terbaru 3×4 cm (2 lembar).
  8. Menyukai bidang hospitality & tourism industry / jasa pelayanan di bidang perhotelan & pariwisata.
  9. Berjanji mengikuti secara baik skema/proses pembelajaran dan tata tertibnya.
  10. Berjanji berpartisipasi pada penciptaan kondisi yang kondusif dalam proses pembelajaran baik di dalam maupun di luar kampus.
  11. Berjanji menjaga nama baik diri sendiri dan IHS baik di dalam maupun di luar kampus, berjanji mengikuti dan mengamalkan secara baik landasan spiritual SAPTAMA : Jujur, Positif, Tanggungjawab, Mandiri, Profesional, Dinamis, dan Inovatif – sebagai keunggulan nilai pribadi yang selalu memiliki tanggungjawab serta berbudi pekerti luhur.

 

Fasilitas

Kemeja putih lengan panjang, jas/ blazer hijau, dasi/scarf, celana panjang/ rok hitam, jilbab (pi), kemeja hijau, polo shirt, jaket, baju praktek cook + apron, perlengkapan praktek cook, tes kesehatan (medical check up), modul, orientasi peserta didik baru, orientasi industri/industry visit, beauty class/ handsome class, table manner, kegiatan praktek, asuransi, seminar/workshop, photo studio, student card, name tag, job training & industry placement.

Tertarik untuk belajar Perhotelan Syariah? Daftar sekarang!

atau lihat lagi program studi menarik lainnya.