IHS Menjadi Salah Satu Kampus Hospitality dengan Program Syariah yang Profesional

Date:
23/11/2017
Author
IHS Author
Categories:
News

3

Hotel Syariah kini mulai mudah dijumpai. Hotel syariah sebenarnya sama dengan hotel konvensional, sebuah bisnis yang menyediakan hunian sementara, perbedaannya terletak pada berbagai layanan yang disediakan sehingga lebih ramah terhadap wisawatawan Muslim karena layanannya berdasarkan syariat-syariat Islam. Diantaranya tidak memberikan izin kepada pasangan yang bukan muhrim terkecuali memesan kamar yang berbeda, dalam transaksi diharuskan memakai perbankan berbasis syariah, sarana atau fasilitas khusus untuk mendekatkan diri kepada Tuhan, memakai pakaian yang  sopan sesuai dengan syariat Islam termasuk berhijab bagi perempuan, serta menyediakan makanan dan minuman haruslah halal.

Sepanjang tahun 2016 ke 2017 pertumbuhan hotel syariah di Indonesia mencapai 10%. Angka tersebut menunjukkan bahwa hotel syariah memiliki potensi untuk terus berkembang. Apalagi di Indonesia yang mayoritas penduduknya Muslim dan banyak wisatawan asing terutama dari negara yang mayoritas penduduknya Muslim, menjadikan Indonesia sebagai destinasi wisata.

Melihat hal ini, hotel syariah memiliki peluang untuk terus berkembang dan menjadi alternatif dalam industry hospitality. International Hotel Management (IHS) sebagai salah satu institusi pendidikan yang bergerak dalam bidang hospitality dan tourism industry juga tidak mau ketinggalan melihat peluang ini. IHS menyediakan program pendidikan syariah yang profesional, yakni Manajemen Perhotelan Syariah dan perhotelan syariah. Dengan adanya dua program ini, IHS menjadi salah satu kampus di Indonesia yang menyediakan program syariah.

Program syariah ini akan mencetak tenaga kerja yang siap bekerja dan menyesuaikan diri dalam lingkungan dan aturan syariah. Tidak hanya mahir dalam ranah teori, mahasiswa juga akan dibekali ilmu-ilmu praktek dan kesempatan bekerja untuk menambah pengalaman dalam dunia perhotelan  syariah. Untuk program manajemen hotel syariah misalnya, mahasiswa akan menempuh  2 tahun pendidikan ( institutional education ), dan 6 bulan praktek kerja ( industry placement ) tidak terbatas, di dalam dan luar negeri. Sehingga, total masa yang dibutuhkan kurang lebih 3 tahun (6 semester). Sedangkan program perhotelan syariah yang bisa dicapai dalam waktu satu tahun.  Selama 6 bulan pendidikan ( institutional education ),  6 bulan praktek kerja ( job training), dan penempatan kerja (industry placement) tidak terbatas, di dalam dan luar negeri.

Program manajemen perhotelan Syariah misalnya, memang didesain bagi mereka yang ingin mempelajari tentang manajemen hospitality & tourism industry berdasar syariat. Keunggulan lain jika menempuh program ini yakni kandungan materi manajerial, sehingga program ini memberikan peluang karir sampai level supervisi dan manajer. Jika tidak ingin belajar dari segi manajemennya, kalian bisa mengambil Program Perhotelan Syariah.

Melihat perkembangan yang ada saat ini, peluang bekerja di ranah syariah seperti hotel syariah sangatlah besar. Kesempatan belajar melalui program syraiah yang profesional akan menjadi pengalaman berharga.