Calon Mahasiswa

Hospitality : Kuliah Singkat, Karir Melesat

Dewasa ini, persaingan kerja yang terjadi di Indonesia berlangsung semakin ketat. Peluang untuk terus melanjutkan sekolah semakin besar, namun sayang tidak terlalu diimbangin dengan jumlah lapangan kerja yang siap menampung para lulusan. Akibatnya, hanya mereka yang mampu bersaing dan memilih keputusan tepat saja yang bisa mendapatkan pekerjaan.

Lihat 8 program studi hospitality terbaik di IHS

Di lain hal, bidang Hospitality hadir menjadi industri yang mulai popular dan layak dipertimbangkan prospek ke depannya. Tak hanya dari segi peminat, namun juga peluang kerja yang sangat terbuka lebar. Hospitality atau keramahtamahan adalah industri yang mempunyai kegiatan yang berhubungan dengan keramahtamahan dan pelayanan para tamu. Mereka yang bekerja di industri hospitality adalah mereka yang bekerja di kapal pesiar, hotel, restoran, spa, maskapai penerbangan, kafe, dan berbagai tempat hiburan lainnya. Tak hanya menjadi chef dan barista, namun juga bekerja pada divisi house keeping, public relation, front office, marketing, bahkan accounting.

1

Seberapa luasnya peluang karir hospitality dapat dilihat dari makin meningkatnya prospek dunia pariwisata, baik di Indonesia maupun dunia. Kafe, hotel, dan restoran makin bertebaran, begitu juga gerakan-gerakan pariwisata yang makin digalakkan oleh pemerintah dan swasta. Menilik prospek, jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan untuk setiap pendirian hotel baru adalah 200 orang. Bisa dibayangkan, semakin banyak hotel baru, semakin banyak juga peluang kerja yang terbuka.

2

Tentu saja, yang dibutuhkan adalah yang terlatih. Oleh sebab itu, International Hotel Management School (IHS) hadir sebagai sekolah perhotelan dengan prospek karir yang lebar. Anda yang ingin berkarir di dunia kapal pesiar atau perhotelan, kuliah lah di IHS, Solo, Indonesia.

Alasan Kuliah di IHS

International Hotel Management School (IHS) memiliki beragam keunggulan yang tidak bisa dIdapatkan di institusi pendidikan serupa lainnya. Namun, sebagai calon mahasiswa tentu masih banyak keraguan untuk memilih Perguruan tinggi yang dirasa cocok dengan keinginan, minat, dan bakat. Berikut adalah 5 alasan mengapa, calon mahasiswa baru tidak perlu ragu mendaftarkan dirinya di sekolah perhotelan terbaik ini.

4

1.       Fasilitas Lengkap

IHS menyediakan beragam fasilitas lengkap yang dapat menunjang proses pembelajaran. Fasilitas ini tentu saja akan meningkatkan keterampilan dan keahlian mahasiswa IHS. Materi perkuliahan yang relevan dan up to date, buku-buku perkuliahan, dosen pengajar yang profesional, seragam sesuai standar grooming perhotelan, gedung perkuliahan yang representatif dengan fasilitas-fasilitas menarik, di antaranya Kitchen dan restaurant room, mock up room, spa lounge, laundry, bar counter serta Wifi Area adalah fasilitas lengkap yang disediakan IHS untuk mahasiswanya. Kelengkapan fasilitas ini nantinya dapat mendukung kesiapan mahasiswa di dunia kerja. Jaringan penempatan kerja juga menjadi fasilitas penunjang bagi seluruh mahasiswa IHS.

 2.       Kerjasama dengan Institusi Internasional

IHS bekerjasama dengan berbagai institusi perhotelan dan hospitality yang berkelas internasional seperti International Hospitality Center dan Business & Hotel Management School Switzerland.Hubungan kerjasama ini membantu mahasiswa IHS untuk mendapatkan informasi lowongan pekerjaan di bidang hospitality dengan lebih mudah. Selain itu, hubungan kerjasama ini mempermudah mahasiswa IHS yang ingin melanjutkan studi S1 di bidang hospitality. Jaringan penempatan kerja yang untuk seluruh mahasiswa IHS juga termasuk dalam fasilitas ini.

3.       Pengajar Berpengalaman
pengajar-berpengalaman
Pengajar di IHS tak perlu diragukan lagi kualitasnya. IHS menyediakan pengajar yang berpengalaman di bidangnya masing-masing dan tuntu saja berkualitas. Bahkan, terdapat pengajar yang berasal dari mancanegara sehingga dapat membuka wawasan mahasisa sebelum memasuki dunia kerja.

4.       Unit Kegiatan Mahasiswa dan kegiatan lain yang Mendukung

Pembelajaran yang didapat mahasiswa IHS tak hanya berasal dari ruang kelas. IHS memiliki berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang dapat mengembangkan bakat, minat, dan keterampilan mahasiswa. UKM tersebut di antaranya UKM Futsal, Basket, Bartender, Stella d’cuisine, PSM, English club, Dance, Mading, Radio, PMKK, Rohis. Selain mengikuti kegiatan perkuliahan di dalam kelas, mahasiswa IHS juga memiliki kesempatan untuk belajar langsung di industri hospitality melalui program On the Job Training di berbagai hotel seluruh Indonesia khususnya yang berbintang 4 ke atas.

5.       Terletak di Kota Solo
ihs-terletak-di-solo
Solo adalah kota yang aman dan nyaman untuk pelajar. Keadaan kota yang tenang, aman, dan nyaman mendukung kegiatan belajar mahasiswa di kota yang sarat akan budaya dan tradisi ini.

Penjelasan Program

penjelasan-program

1. Manajemen Perhotelan (3 Tahun)
2 Tahun pendidikan di kampus dan 6 bulan praktek kerja (job training). Memilik kesempatan penempatan kerja yang tidak terbatas: Eropa, timur tengah, Asia Pasifik, Amerika, dll. Dalam program ini, mahasiswa juga dibekali kemampuan manajerial di samping bidang operasional. Selengkapnya …

2. Manajemen Perhotelan Syariah (3 Tahun)
2 tahun pendidikan (institutional education) dan 6 bulan praktek kerja (industry placement) tidak terbatas, di dalam dan luar negeri. Program ini didesain khusus bagi yang ingin mempelajari tentang manajemen hospitality & tourism industry berdasar syariat. Selengkapnya …

3. Perhotelan (1 Tahun)
6 Bulan pendidikan dan 6 Bulan praktek kerja. Memiliki penempatan kerja tidak terbatas, di dalam dan luar negeri . Dalam program ini, mahasiswa lebih banyak belajar mengenai operasional perhotelan. Selengkapnya …

4. Perhotelan Syariah (1 Tahun)
6 bulan pendidikan (institutional education) dan 6 bulan praktek kerja (job training). Penempatan kerja (industry placement) tidak terbatas, di dalam dan luar negeri. Selengkapnya …

5. Hotel Accomodation (1 Tahun)
6 bulan pendidikan (institutional education) dan 6 bulan praktek kerja (job training). Penempatan kerja (industry placement) tidak terbatas, di dalam dan luar negeri. Selengkapnya …

6. Flight Attendant (1 Tahun)
Proses pembelajaran dengan konsep kuliah selama satu semester dan akan menjalani job training satu semester. Program ini khusus bagi yang ingin memiliki karir di perusahaan maskapai penerbangan sebagai Fligt Attendant atau Ground Staff. 6 bulan pendidikan (institutional education). Selengkapnya …

7. Kapal Pesiar (1 Tahun)
6 bulan pendidikan (institutional education) dan 6 bulan praktek kerja (job training). Karir di kapal pesiar : Star Cruise, Holland American Line, Carnival Cruise Line, Costa Cruise Line, Scylla Group. Dalam program ini, mahasiswa lebih banyak belajar mengenai operasional kapal pesiar. Selengkapnya …

8. Art Culinary (1 Tahun)
6 bulan pendidikan ( institutional education ) dan 6 bulan praktek kerja (job training). Penempatan kerja ( industry placement ) tidak terbatas, di dalam dan luar negeri. Selengkapnya …

Bagaimana prosedur pendaftaran calon mahasiswa IHS?

Profesi Hospitality : Bukan Mencari, Namun Dicari Pekerjaan

profesi-hospitality

Dunia pariwisata yang berkembang pesat akhir-akhir ini membawa dampak positif bagi perekonomian masyarakat Indonesia. Tak hanya menambah pundi-pundi dari wisatawan yang datang, tapi juga menambah luas peluang kerja hospitality  bagi masayarakat Indonesia. Sayang, banyaknya lapangan pekerjaan yang ditawarkan tak sebanding dengan tenaga kerja terlatih yang masih sedikit.

“Permintaan tenaga kerja hospitality begitu meningkat seiring meningkatnya dunia pariwisata. Sayangnya, sumber daya terlatih yang ada belum mencukupi. Tak heran jika mereka yang siap bekerja bukan lagi mencari pekerjaan, namun dicari pekerjaan” tutur Atik Wijayanti, Presiden Direktur IHS. Hal itu banyak ditemukan di IHS Solo. Terbukti dengan banyaknya lulusan IHS yang belum diwisuda namun sudah bekerja di berbagai tempat. IHS pun memiliki berbagai jaringan penempatan kerja sehingga lulusan IHS dimudahkannya.

Nah, berbagai profesi yang termasuk dalam dunia hospitality adalah chef hotel maupun restoran, barista, manajer hotel, front office, public relation, staff dan manager kapal pesiar, wiraswasta, staff dan manajer housekeeping, dan lain-lain. Sungguh luas lapangan pekerjaannya, tak ada menyesal jika anda terjun ke dunia hospitality!

Tertarik untuk membangun karir di bidang hospitality? Daftar sekarang!