5 Hal yang Harus Sahabat IHS Ketahui Sebelum Bekerja di Dunia Perhotelan

Date:
05/12/2017
Author
IHS Author
Categories:
News

IMG_4049

Berpenampilan rapi

Bekerja di dunia perhotelan, penampilan menjadi salah satu aspek penting yang harus diperhatikan. Penampilan petugas merupakan hal pertama yang dilihat oleh tamu, oleh karena itu seorang petugas hotel harus memiliki penampilan yang baik sesuai dengan peraturan. Seorang petugas harus berpenampilan rapi dan rambut harus dicukur sesuai dengan prosedur yang berlaku bagi pria sedangkan bagi wanita rambut harus dipotong sebahu. Seorang pegatugas hotel juga dilarang menggunakan pernak-pernik atau aksesoris yang mencolok. Pernak-pernik dan aksesoris dinilai mengurangi profesionalisme kerja seorang petugas dan menarik perhatian tamu. Oleh karena itu seorang pegawai diharuskan untuk menggunakan seragam yang telah diberikan oleh manajemen hotel.

Attitude yang baik

Hal penting yang harus diingat adalah seorang petugas hotel merupakan orang pertama, sekaligus wajah, dari hotel yang berhadapan dengan tamu. Seorang petugas hotel harus memiliki sopan santun yang tinggi serta berlaku ramah pada tamu. Dengan memiliki attitude yang baik, seorang petugas hotel dapat memberikan kenyamanan kepada tamu yang akhirnya meningkatkan kepuasan tamu terhadap kinerja hotel.

Disiplin

Seorang petugas hotel dituntut untuk memiliki kedisiplinan yang tinggi. kedisiplinan seorang petugas hotel akan memengaruhi kinerja kerja mereka dalam melayani tamu. Salah satu bentuk kedisiplinan adalah tepat waktu dan menaati aturan yang berlaku. Seorang petugas dilarang untuk mengaktifkan handphone selama berkerja agar konsentrasi dalam bekerja dan tidak terganggu dengan hal lain yang tidak berkaitan dengan pekerjaan. Seorang petugas juga diharapkan untuk tidak mengambil perlengkapan hotel tanpa izin atasan dan tidak menggunakan fasilitas hotel untuk kepentingan pribadi.

Taat aturan

Selain disiplin seorang petugas juga diharapkan untuk memahami SOP yang berlaku di hotel tempat ia bekerja. Pemahaman akan SOP yang baik tidak hanya membantu petugas untuk bekerja dengan lebih baik namun juga dapat meningkatkan performa hotel. Dengan memahami SOP seorang petugas hotel juga dapat mengetahui apa yang harus dilakukan ketika terjadi kesalahan atau mendapat keluhan dari tamu. Sebagai contoh, apabila mendapat keluhan seorang petugas dapat dengan mudah menjelaskan sesuai dengan prosedur perhotelan. Apabila terjadi kesalahan dalam suatu departemen seorang petugas tahu bagaimana prosedur pelaporan yang benar agar masalah segera ditindaklanjuti.

Jadilah pribadi yang baik

Selain keempat poin diatas, seorang petugas hotel yang baik haruslah memiliki kepribadian yang baik. Untuk dapat beradaptasi dengan kehidupan dunia perhotelan yang serba cepat dan dinamis, seorang petugas hotel diharapkan memiliki pribadi yang terampil dan cekatan. Kedua sifat ini akan sangat berguna bagi petugas hotel dalam mengikuti ritme kerja di dunia perhotelan. Seorang petugas hotel juga diharapkan memiliki pribadi yang senang bergaul. Kemampuan bergaul yang baik dapat memudahkan petugas hotel untuk membuat relasi yang baik dengan sesama pekerja atau senior. Memiliki relasi yang baik penting sekali di dunia perhotelan.